Sabtu, 06 November 2010

Basalioma, Kanker Kulit Karena Sinar yang Berlebihan

Sebenarnya nggak ada ide juga niy..
tapi nggak papalah sekedar ngoceh-ngoceh n upload foto teman-teman di sini
jangan dikira itu foto-foto gw,
itu foto-foto teman-teman dokter yang lagi ngambil spesialisasi
gw sendiri lagi banyak pertimbangan kalo mo lanjut  gambil S2
selai mahal juga masalah waktu... (T_T)
semalam waktu bikin tugas mingguan ada teman yang lagi tugas nelpon gw
"Kak, di sini ada pasien basalioma.. tapi masih mo konsul bedah besok"

yang mao tahu tentang basalioma silakan simak tulisan berikut ini:

Basalioma adalah suatu tumor ganas kulit (kanker) yang berasal dari pertumbuhan neoplastik sel basal epidermis dan apendiks kulit (Graham, R, 2005) merupakan tumor ganas yang berasal dari sel lapisan basal epidermis (lapisan teratas kulit), bersifat invasif (cepat meluas), destruktif lokal dan sangat jarang bermetastasis/menyebar ke organ lain lewat aliran darah ato cairan tubuh (Nila, 2005), juga merupakan kanker kulit yang timbul dari lapisan sel basal epidermis atau folikel rambut ; yang paling umum dan jarang bermetastasis ; kekambuhan umum terjadi (Brunner and Suddarth, 2000).
Lebih dari 90 % penyebab basalioma yaitu terpapar sinar matahari atau penyinaran ultraviolet lainnya. Paling sering muncul pada usia diatas 40 tahun. Faktor resiko lainnya adalah :


a. Faktor genetik (sering terjadi pada kulit terang, mata biru atau hijau dan rambut pirang atau merah).
b. Pemaparan sinar X dan sinar Ultraviolet yang berlebihan.
Unfortunately, Basalioma merupakan kanker kulit yang paling sering ditemukan. Basalioma berasal dari sel epidermis sepanjang lamina basalis. Kanker sel basal terjadi pada daerah terbuka yang biasanya terpapar sinar matahari, seperti wajah, kepala, dan leher. Untungnya tumor ini jarang sekali bermetastasis. Pasien dengan kanker sel basal tunggal lebih mudah mendapat kanker kulit.
Spektrum sinar matahari yang bersifat karsinogen adalah sinar yang panjang gelombangnya, bekisar antara 280 samapi 320 mm.
Spektrum inilah yang membakar dan membuat kulit menjadi cacat. Selain itu, pasien yang memiliki riwayat kanker sel basal harus menggunakan tabir surya atau pakaian pelindung untuk menghindari sinar karsinogen yang terdapat di dalam sinar matahari.
Penyebab lain basalioma adalah riwayat pengobatan, radiologi, sebelumnya untuk menyembuhkan penyakit kulit lain. Sinar ultraviolet panjang (UVA) yang dipancarkan oleh alat untuk membuat kulit kecoklatan seperti terbakar sinar matahari juga merusak epidermis dan di anggap sebagai karsinogen.
Tumor ini ditandai oleh nodul eritromatosa, halus dan seperti mutiara, bagian tengah mengalami ulserasi dan perdarahan, meninggi dan memiliki pembuluh telangiektatik pada permukannya.
     Tanda dan gejala yang menyertai penyakit basalioma adalah presileksinya terutama pada wajah (pipi, dahi, hidung, lipat nasolabial, daerah periorbital), leher. Meskipun jarang dapat pula dijumpai pada lengan, tangan, badan, tungkai, kaki dan kulit kepala. Gambaran klinik basalioma bervariasi terbagi menjadi 5 bentuk :
a. Nodulo-ulseratif, termasuk ulkus rodens (lukanya kayak bekas digerogoti tikus)
b. Berpigmen
c. Morfea atau fibrosing atau sklerosine
d. Superfisial
e. Fibroepitelioma

Disamping itu terdapat pula 3 sindroma klinis, dimana epitelioma sel basal berperan penting, yaitu :
a. Sindroma epitelioma sel basal nevoid.
b. Nevus sel basal unilateral linier
c. Sindroma bazex
Menurut Baughman, CD & Hackley J.C, 2000, pemeriksaan diagnostik yang biasa dilakukan pada penderita. Basalioma adalah :
a. Evaluasi histologis
b. Biopsi
Biasanya kanker diangkat melalui pengorekan lalu dibakar dengan jarum listrik (kuretase dan elektrodesikasi) atau dipotong dengan pisau bedah. Sebelumnya diberikan suntukan anestesi.
b. Eksisi
c. Terapi radiasi
Untuk mencegah kekambuhan, hindari hal-hal yang dapat menimbulkan penyakit basalioma.

gambar di bawah adalah gambaran penyakit yang sudah lanjut..



17 komentar:

  1. Infonya mantap Seiri. Terimakasih sharenya ya.

    BalasHapus
  2. langsung kabur aja deh serem melihat gambar penyakitnya,. ngeri

    BalasHapus
  3. Ya ampunn ngeri juga penyakit basalomia ini yahh...stiap orang memiliki sel kanker ini gakk..?

    BalasHapus
  4. ngeri banget mbak,,, ga tahan ngelihatnya. semoga ada obat yang mujarab tuk penyakit itu

    BalasHapus
  5. seiriiiiii...ngeri banget...duh...sinar matahari yg berlebihan ternyata bs jd penyakit yg mengerikan ya...:(

    BalasHapus
  6. Dokter cewek banyak yang cakep ya, hehe...Oh ya dok, basalioma ini kalau di eksisi kemungkinanya bermetastase sangat besar ya? benar apa nggaknya, kata teman menyayat jaringan basalioma sama saja membangunkan ular tidur.

    BalasHapus
  7. Waduh dok..ngeri ane liat wajah pasienya,mudah-mudahan ane terhindar dari penyakit basalioma.

    BalasHapus
  8. Pagi..wahh dokter2 yang cantik..
    mengerikan ya...
    Makasih utuk INfonya yang sangat membantu

    BalasHapus
  9. serem...btw mana puisi2nya :)

    BalasHapus
  10. aduh, serem amat liat fotonya...

    BalasHapus
  11. info tentang anatomi kulit di SIHAT SELALU - Anatomi Kulit

    BalasHapus
  12. Sereem....naudzubillahimindzalik

    BalasHapus
  13. Sungguh penyakit yg menakutkan....semoga kta semua slalu terhindar dr penyakit yg seperti itu...amiin

    BalasHapus

do not leave before say anything, please

follow me and i follow you, but don't forget to leave some coments at my post..