Senin, 16 Juli 2012

Aku Penderita Dermografisme (Darrier Sign)





Awalnya waktu masih kecil dulu sekitar umur 9 tahun, mulai memperhatikan kalo tergores sedikit saja pasti  daerah kulit yang terkena goresan itu jadi meninggi, terasa panas dan gatal dan warnanya kemerahan. Persis mirip biduran tetapi bentuknya sesuai luas daerah yang tergores. Kalau digores huruf A, maka bidurannya akan membentuk huruf A juga (lihat gambar). Tahun ke tahun selalu
urtika yang dibuat dengan mengoreskan penutup pulpendengan sengaja  dibentuk menyerupai 'love'
bidurannya akan mengikuti bentuk goresan
digoreskan nama anda pun bisa
tapi saya tak mau.. Enak aja... :p 

begitu. Setelah belajar di Fakultas Kedokteran, baru saya paham kalau ternyata inilah yang disebut dermatographic urticaria atau Darrier Sign yang diperantarai oleh sensitifnya sel mast yang berada di lapisan kulit sehingga mudah pecah
Secara awam dermatographic urticaria  atau yang dalam bahasa Indonesia diistilahkan dengan dermografisme adalah sebuah penyakit alergi. Di mana individu yang mengidap penyakit ini biasanya memiliki alergi tertentu juga selain dermografisme. Dermografisme itu sendiri bisa dibilang adalah alergi terhadap goresan. Alergi goresan. Jangan sampau tergores deh..
Tekanan pada kulit pada derajat tertentu pada kulit saya akan mengakibatkan sel mast yang berada di lapisan kulit itu pecah dan pecahan sel ini mengeluarkan zat yang merupakan mediator radang, yaitu histamin. Tekanan tersebut bisa berupa ketergoresan sengaja atau pun tidak sengaja.
Histamin ini akan menimbulkan sejumlah reaksi setempat yang mengakibatkan kulit pada area yang terkena menjadi bengkak, kemerahan, panas dan gatal. gejala ini biasanya terjadi dalam 2 sampai 3 menit dan urtikaria/biduran yang terjadi akan bertahan selama 30 sampai 60 menit dan setelah itu tidak menimbulkan bekas apa-apa.
Hal seperti ini memang sebenarnya agak mengganggu, namun karena sudah bertahun-tahun dan sudah terbiasa, jadi sampai sekarang tidak ada masalah. Masalah hanya timbul jika orang lain yang tidak tahu melihat saya dalam kondisi lagi timbul biduran, disangkanya saya baru saja kena ulat bulu atau sejenisnya.
Pengobatan?
Selama ini obatnya ya jangan sampai tergores saja. kalau terlanjur tergores jangan tambah digaruk walaupun sangatlah gatal, karena justru akan menyebabkan bertambahnya biduran, ya jadi seperti reaksi berantai gitu..
gitu aja sih...






30 komentar:

  1. ngomong-ngomong klo darrier sign ini tahan berapa lama ya?

    tetap semangat.

    BalasHapus
  2. apa tidak merasa terganggun dengan kondisi itu?

    BalasHapus
  3. lama nggak menyapa, Sis. apa kabar di sana? sakitnya nyentrik. sampe bisa nge-love2 getu. :D

    BalasHapus
  4. artikel yg bagus nih..
    mantap sob..
    bermanfaat sekali..


    #Salam Silaturahmi

    BalasHapus
  5. wah, keren bisa nulis nama pacar dong di kulit :D heheheh

    BalasHapus
  6. Hooo... bisa seperti itu ya. Karena faktor genesis atau kenapa?

    BalasHapus
  7. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    Pikiran yang positiv dan tindakan yang positiv akan membawamu pada hasil yang positiv.,.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    BalasHapus
  8. bagaimana untuk mnghentikan penyakit itu?

    BalasHapus
  9. waah ...
    itu memang sangat mengganggu ya kayanya ..
    apa tidak ada pengobatan sama sekali ?

    BalasHapus
  10. ternyata itu sejenis penyakit toh. kupikir itu hal yg lumrah.

    BalasHapus
  11. Wah,...bikin ribet juga ya penyakit itu

    BalasHapus
  12. saya juga kena alergi yang seperti itu, sangat sama persis, saya kena sudah hampir 5 atau 6 tahun ini. saya periksa kedokter didaerah saya jawaban tidak meuaskan dan obat elergi yang diberikan tidak ngefek sama sekali. saya juga sedang mencari obat apa yang dapat menyembuhkannya. sementara cara mengatasinya cepat dibilas dengan air kalau perlu gunakan sabun rasa gatal dan biduranya cepat hiang.

    BalasHapus
  13. ooo sekarang saya paham, saya juga menderita alergi seperti ini sama persis, saya periksa kedokter jawabanya tidak sesuia dengan harapan, bahkan saran-saranya umum banget. bahkan obat yang diberi sama sekali tidak ngefek. sementara jika saya kena gatal akibat giresan dan timbul binduran segera saya cuci dengan air kalau perlu pake sabun maka rasa gatal dan binduran segera hiang. trima kasih ya mas informasinya, dan rupanya saya tidak sendiri menderita seperti ini.

    BalasHapus
  14. udah lama g maen mbak :D, baru tau aq klo ada juga yang namanya kayak gitu mbak, sulit banget ya namanya...

    BalasHapus
  15. salam kenal..bagus blognya gan... ane minta dukungannya gan ane ikutan lomba ni

    BalasHapus
  16. salam super sahabat,
    tetap semangat dan sukses selalu ya
    ditunggu kunjungan baliknya :)

    BalasHapus
  17. salam super sahabat,
    tetap semangat dan sukses selalu ya
    ditunggu kunjungan baliknya :)

    BalasHapus
  18. udah keren bos,,,kirain karya nyatar

    BalasHapus
  19. saya baru tahu, kalau ternyata ada penyakit yang seperti itu ya.. ngeri juga ,,

    BalasHapus
  20. kok penyakitnya aneh ya mbak ... :) tp apa itu bisa di obati ?

    BalasHapus
  21. apalagi kalo makin digaruk, weww makin jadi deh tuh

    BalasHapus
  22. saya juga msih mengalaminya sampai skrng tp pada bulan2 tertentu penyakit ini hilang..

    knp bisa bgitu yah!!??

    BalasHapus
  23. saya masih mengalami.y sampai skrg tapi pada bulan-bulan tertentu penyakit ini hilang..

    knp bisa bgitu yah???

    BalasHapus
  24. saya juga mengalaminya, persis seperti yg anda ceritakan, tidak hanya tergores, kalo tangan digenggam terlalu kuat jg akan terasa panas, gatal dan akhirnya timbul bentol2 di tangan...saya juga selama ini obatnya cuma jangan sampai tergores aja hehe...

    BalasHapus
  25. saa juga kena, udah 5 tahun , ga enak bgt apalgi kalo main bola eh bolany kena muka, muka jadi bengkak

    BalasHapus
  26. ane juga bgitu gan. pas kuliah nulis2 ditangan keliatan keren. sampe temen2 ikutan nulis ditgn.

    skrg si uda ga sedahsyat dulu, kalo ditulis lgs muncul ke permukaan benjolannya. namun skrg anehnya stlh lahiran bdn gua gatel2 semua.
    ga sembuh2 sampe skrg.

    BalasHapus
  27. saya juga punya penyakit itu,,, sudah dua tahun ini saya mengidap penyakit Dermatographic urticaria ,,, sangat mengganggu sekali,,,
    adakah yg tau cara mengobati penyakit Dermatographic urticaria..???

    BalasHapus

do not leave before say anything, please

follow me and i follow you, but don't forget to leave some coments at my post..