Senin, 06 September 2010

Ususmu: Apakah untuk Daging atau Sayuran?


Makanan kita yang mula-mula, ketika ALLAH menciptakan Adam dan Hawa telah ditentukan, Ia memberikan petunjuk yang pasti mengenai apa yang mereka harusnya menjadi makanan.  Kejadian  1: 29 mengatakan  “ Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itu akan menjadi makananmu,” Jadi makanan Adam yang terdiri dari buah-buahan, kacang-kacangan dan gandum. Bahan makanan ini kemudian disesuaikan dengan dengan menyertakan seluruh tanaman setelah manusia pertama dan istrinya  diusir dari taman Eden. Kejadian 3:18 “semak duri dan rumput akan dihasilkannya bagimu, dan tumbuh-tumbuhan di pdang akan menjadi makananmu”
Kemudian ditambahkan: “segala yang bergerak, yang hidup, akan menjadi makananmu. Aku telah memberikan semuanya itu kepadamu seperti juga tumbuh-tumbuhan hijau.” Kejadian 9:3. Izin khusus untuk membuat daging sebagai bahan makanan ini mengandung tiga syarat yang sering kali diabaikan;
-          Daging itu harus dikeringkan dari darah ( Kejadian 9:4)
-          Hanya hewan yang ‘halal’ yang harus digunakan sebagai makanan (Kejadian 7:2, Imamat 11: 1-28)
-          Jangan membunuh binatang jika tidak perlu (Keadian 9: 5)

Mulut
Mulut manusia terbuka kecil, sedangkan para pemakan daging seperti anjing, kucing dsb mempunyai mulut yang terbuka lebar sehingga memungkinkan segumpal besar daging bisa masuk ke dalam mulut.
Susunan Gigi
Manusia mempunyai gigi seri yang memotong tajam dengan gigi geraham yang datar atau rata yang digunakan untuk melumatkan dan mengunyah makanan sama seperti ciri khas herbivora (pemakan tumbuhan). Di sisi lain, pemakan daging (karnivora) mempunyai ciri khas geligi yang merupakan gigi taring yang panjang, kuat dan tajam sangat pas untuk merobek-robek daging. Gigi-gigi taringnya tajam hingga gigi-gigi di sisinya sampai mendekati rahang yang digunakan untuk memotong daging.
Gerakan Rahang
Gerakan rahang pemakan daging searah buka tutup saja. Di sisi lain pemakan tanaman mempunyai tiga gerakan rahang yang berbeda;
- vertikal atau ke atas dan ke bawah,
- ke samping atau ke sisi-sisi dan
- ke depan dan ke belakang seperti manusia.
Usus
Pemakan daging memiliki perut yang sederhana, usus kecil yang pendek, dan usus besar yang sangat pendek, lurus dan licin. Di sisi lain, pemakan tanaman mempunyai kapasitas perut yang lebih besar dengan bagian-bagiannya yang seringkali rumit, misalnya perut ternak piaraan/sapi yang berlipat-lipat ganda. Usus kecilnya sangat panjang dan usus besarnya panjang dan licin. Usus manusia tidak berbentuk seperti para pemakan daging.
Jalur Keringat
Pemakan tanaman berkeringat melalui kulit, sama dengan manusia, sedangkan pemakan daging berkeringat melalui mulut.
Ludah manusia mengandung enzim ptilin, sama seperti pemakan tanaman, yang digunakan untuk mencerna tepung.
Manusia meminum air dengan menghisap/menyedot seperti para pemakan tumbuhan. Sedangkan semua pemakan danging menghirup dengan lidah mereka.
Garam empedu manusia memiliki banyak kesamaan dengan pemakan tanaman dan bukan seperti pemakan daging.
Banyak penyakit yang menakutkan timbul sebagai akibat sampinngan memakan daging, termasuk kanker, kardiovaskular dan serebrovaskular, seperti penyakit serangan jantung, stroke, darah tinggi , dll.


19 komentar:

  1. sayangnya, semenjak kecil (sebagian besar) kita sudah dibiasakan menyantap daging ya...

    BalasHapus
  2. duh...serem bgt liat ususnya seiri :(

    inget sm usus besarku yg dipotong 30 cm...hiksss....

    BalasHapus
  3. hadooohhh gambarnya...ga indah banget, buka para dokter pasti uda biasa ngeliatnya tp buat orang awam bikin....

    BalasHapus
  4. mhh..ngeri jg ya kl kebanyakan makan daging..
    ngeri liat gambarnya...tp di gambar itu, tangan seiri yg mana...?

    BalasHapus
  5. kenapa yh mb' saya itu kl makan ga suka makan sayur, g tau kenapa dah dr kecil, sekalian mau ngucapin met lebaran mohon maaf lahir dan batin

    BalasHapus
  6. waw......ternyata bentuk usus kita seperti itu ya....
    tapi aku memang lebih suka sayur ko, dan sempet jadi vegetarian karena ngga tega dengan hewan yang harus disembelih untuk memenuhi konsumsi daging manusia.

    BalasHapus
  7. allo mbak... lama tak jumpa nih
    selamat lebaran yah mohon maaf lahir batin

    BalasHapus
  8. Syalom sist...thx dah berkunjung ya....blog mbak bagus...;D

    BalasHapus
  9. Wah, bisa gitu ya? nggak pantang sih dengan daging, tetapi jadi kepingin kacang rebus, ketela rebus..

    BalasHapus
  10. wihihihiii serem amat gambarnya

    BalasHapus
  11. Halo sist...apa kabar....
    Kayaknya ususku nggak nolak apa aja yg masuk deh, selama lidah, hidung dan mataku menikmatinya...hehe....

    BalasHapus
  12. bener... kalo keboo maem sayur nya dikit, pasti lgsg gak enak ni perut.. tp tetep, keboo suka makan daging.. blm siap vegan... T.T

    BalasHapus
  13. pa kabar seiri...??duh..kasian yg gi terisolir hihihi...tp baek2 aja kan, seperti diriku...hehe..

    BalasHapus
  14. itu usus beneran yg di foto? buset

    BalasHapus
  15. perut sumber penyakit
    dari makanan yang dimakan
    ayo jaga nafsu makan
    jangan mpe berlebihan (ga wajar)

    BalasHapus
  16. blognya sudah di-follw ya ^^
    ditunggu sharing berikutnya ^^

    BalasHapus
  17. perut ialah tempat yang berbahaya untuk diisi secara berlebihan. punca penyakit dari perut...

    BalasHapus

do not leave before say anything, please

follow me and i follow you, but don't forget to leave some coments at my post..