Minggu, 31 Januari 2010

Patofisiologi Demam




Suhu tubuh diregulasi oleh suatu inti dalam hipotalamus anterior yang berfungsi sebagai termostat yang mengendalikan keseimbangan antara produksi dan kehilangan panas. Demam berkembang bila termostat digeser ke set yang lebih tinggi. Untuk tubuh mencapai suatu suhu lebih tinggi kehilangan panas melalui kulit dikurangi dengan vasokonstriksi, sehingga dalam waktu singkat, sewaktu suhu meningkat, kulit secara paradoks menjadi dingin. Saat pergeseran ini, secara klinis terlihat sebagai gemetar, yang artinya suhu lingkungan mendadak diterjemahkan sebagai dingin.
IL-1, IL-6 dan TNF adalah mediator-mediator penting dari reaksi ini. Sitokin-sitokin ini dihasilkan oleh leukosit dan jenis sel lain dalam respon terhadap organisme infeksi atau reaksi-reaksi imunologis dan toksik, yang dilepaskan dalam sirkulasi. IL-1 dan IL-6 mempunyai efek yang sama dalam menghasilkan reaksi fase akut, keduanya menghasilkan demam melalui interaksi dengan reseptor-reseptor vaskuler dalam pusat termoregulator dari hipotalamus dengan aksi langsung dari sitokin atau lebih cenderung melalui induksi produksi prostaglandin lokal (PGE), informasi ini kemudian ditransmisi dari hipotalamus anterior ke posterior ke pusat vasomotor, menyebabkan stimulasi saraf simpatis, vasokonstriksi pembuluh-pembuluh kulit, mengurangi perspirasi dan timbul panas demam. Pirogen endogen yang diketahui mencakup TNF, IL-1 dan IL-6. Mereka dilepaskan oleh monosit/makrofag dan sel-sel inang yang lain dalam respons terhadap mikroba dan stimulasi pirogen lain. Aspirin melawan demam dangan melalui inhibisi siklooksigenasi dalam hipotalamus. TNF juga menstimulasi pusat hipotalamus secara langsung.

Apakah demam itu ada manfaatnya? Setiap otang yang menderita radang tenggorokan atau infeksi saluran nafas akan mengalami manifestasi radang akut. Demam adalah satu dari manifestasi yang paling menonjol, terutama bila bersamaan dengan infeksi. Bakteriemia biasanya menginduksi demam dengan meningkatnya suhu secara dramatik, menghasilkan apa yang disebut ‘spike’ pada grafik suhu. Orang menggigil kuat dapat dilihat pada mereka yang mendapat serangan flu atau malaria. Wagner-Jauregg pada tahun 1927mendapat hadiah nobel untuk metode pengobatan neurosifilis dengan menimbulkan demam tinggi melalui malaria. Dasar idenya adalah spiroketa akan mati pada suhu 41C. Ada beberapa strain pneumokokus yang mati pada suhu sekitar 40C. Fakta-fakta ini memberikan kesetujuan untuk efek yang berfaedah dari demam pada infeksi. Di samping itu terbukti bahwa leukosit bergerak lebih cepat bila suhu meningkat, demikian juga dengan banyak fungsi seluler lain. Studi sekarang memperlihatkan IL-1 dan TNF lebih efektif pada suhu yang lebih tinggi.



34 komentar:

  1. puisi yg indah dan penuh pengharapan dari sahabatku ^^

    siapakah A ini sahabat ibu dokterku yg manis ^_*

    BalasHapus
  2. Yess,...pertamaxxx ternyata ^^

    BalasHapus
  3. semoga waktu berpihak padamu dan dia,...

    sejatinya cinta yang hadir dalam ketulusan bermuara pada kesejatian cinta dihati sang pujaannya bukan??

    BalasHapus
  4. Perasaan jangan ditahan-tahan bu, bu dokter khan tahu..itu akan mendatangkan penyakit...he..he

    walau sekecil apapun, harapan itu selalu ada...

    BalasHapus
  5. @senja n Noor:
    do not know what to say..
    hehehe

    BalasHapus
  6. @ Senja:
    A itu adalah diriku (nama sebenarnya)
    dan yang ngirim adalah seseorang
    hehehehe..
    worth to post..

    BalasHapus
  7. hai yang juga terima sms, pa kabar? masih sibuk bolakbalik IRINA A-??[nda tau, maklum kita paling alergi dengan rumah sakit,hehehe]

    BalasHapus
  8. @Rid:
    sudah nda di RS Malalayang
    sekarang lagi jadi dokter magang di Langowan
    sambil nunggu STR

    BalasHapus
  9. hehe..
    indah kata2nya, bikin berbunga2 pastinya.. :)

    BalasHapus
  10. @pohon:
    .. hehehe
    demikianlah..

    BalasHapus
  11. Puitis banget, Aku orang teknik, jadi tak agak lambat memahami setiap puisi. Tetapi aku suka kata-kata yang pendek yang penuh makna.
    Selamat Bekerja.

    BalasHapus
  12. @Tabib:
    terima kasih
    walau lambat mengerti namun begitu peka untuk berapresiasi..
    that's sweet..
    ^^

    BalasHapus
  13. puisi yang bagus.... satu kata saja!!! "SEMAGAD"

    BalasHapus
  14. wah... puisi tentang kebimbangan ya mbak? eh... untuk awardnya makasih banget... kayaknya aku juga pernah terima award ini dari mbak tgl 19 jan lalu...

    BalasHapus
  15. wao .... indahnya puisi ini, biarkanlah waktu berjalan terus dan raihlah cinta yang sudah bersemi! Sukses selalu untuk cinta dan karir anda!

    BalasHapus
  16. salam kenal juga sahabat puisinya mmmmm bagus banget

    BalasHapus
  17. salam kenal...
    smsnya ttg waktu ya...waktu mmg sangad berharga mbak, ibarat pedang bermata dua...bisa mnebas lawan ataupun menebas kita..

    good luck mbak.

    BalasHapus
  18. Wah.., SMS-nya indah bener.. pantas saja bisa meronakan pipi.
    salam kenal ya...

    BalasHapus
  19. lam kenal juga. wah, romantisnya. awardnya juga keren

    BalasHapus
  20. sahabat,..apa kabarmu ?
    malam ini aku berkunjung karena rindu ^^

    BalasHapus
  21. baguss puisi nya :)
    salam kenal mbak, makasii uda mampir ditempat ku :)

    BalasHapus
  22. kunjungan perdana.... salam kenal yah

    BalasHapus
  23. Thanks Kawan, salam kenal jua,,
    tetap semangat...

    BalasHapus
  24. wah, dapet award nih. makasih banyak ya non ^^

    BalasHapus
  25. wah blog dan tulisan yg bagus2...

    salam kenal mba'..
    maaf yaaa telat brknjung...

    knjungi balik yaaa..
    o yaa sekalian aku follow, follow balik ya sahabat..

    salam..

    BalasHapus
  26. @Gyant:
    makasih ya dah mampir..
    semangatnya sejagad... (^^)

    @Mas Goen:
    nggakpp kan kalo sekali lagi.. hehehehe
    thanks ya, Mas..

    @Nuansa Pena:
    maskasih ya...

    @Jalni hidup:
    maksai ya..

    @Mas Becce:
    smsnya ini tentang perasaan yang berpacu dengan waktu,Mas..
    yang bikin pacar aku, yang di kirim lewat sms dan atas ijinnya ku posting sebagai tanda penghargaan..

    @Reni:
    iya benar... benar-benar indah..

    @Cerpenis:
    hehehehe.. makasih ya...

    @Senja:
    makasih , sahabatku...
    aku baik-baik saja
    di rindumu sempat membuatku merasa kau ada selalu untuk menjadi sahabatku..
    trimss ya..

    @dv:
    makasih ya... kapan2 main ke mari lagi neh..

    @richo:
    salam kenal juga..

    @Pocahontas:
    hhehehe.. maksaih ya dah berkunjung..

    @Rid:
    .. okay, sama-sama... nti pe ernya gw posting minggu depan aja ya...

    @hdsence
    sama-sama
    okay kan ku follow balik..
    (^^)

    BalasHapus
  27. mampir menyapa sambil berkenalan...
    Semoga kali ini dapat dikunjungi balik.

    BalasHapus
  28. Hi Seiri...
    puisi indah... moga sentiasa tenang menunaikan tugasan pagi!!

    BalasHapus
  29. salam kenal mbak

    ehhhmmm,,,, puisi yang indah. realita dan rasa kadang memang tak sejalan.

    BalasHapus
  30. tentu saja aku ada,sahabat....

    semoga suatu saat nanti bisa menggenggam jemari tanganmu ^^

    smg cinta melingkupimu senantiasa di hari ini ^^

    BalasHapus
  31. makasih utk ewotnya, seiri..
    aku ambil ya.. :)

    BalasHapus
  32. @Mas seiawan:
    beres.. nti ku kunjungi... (^^)V

    @Richo:
    silahkan..jangan lupa bawain ole2 ya... hehehehe

    @Setiakasih:
    trimss ya mbak...

    @Dees:
    makasih ya... memang hidup itu demikian..

    @Senja:
    kutunggunantikan hari itu, sahabat...

    @Pohon:
    iya, selamat menikmati..

    (^___^)

    BalasHapus
  33. keren patofsiologi demamnya.. makasih

    BalasHapus

do not leave before say anything, please

follow me and i follow you, but don't forget to leave some coments at my post..