Jumat, 12 April 2013

Rhinoskopi Anterior dan Posterior

Rinoskopi anterior adalah pemeriksaan rongga hidung dari depan dengan memakai spekulum hidung. Di belakang vestibulum dapat dilihat bagian dalam hidung. Saluran udara harus bebasdan kurang lebih sama pada kedua sisi. Pada kedua dinding lateral dapat dilihat konka inferior. Hal-hal yang harus diperhatikan pada rinoskopi anterior ialah :

ü Mukosa. Dalam keadaan normal, mukosa berwarna merah muda. Pada radang berwarna merah, sedangkan pada alergi akan tampak pucat atau kebiru-biruan (livid).
ü Septum. Biasanya terletak di tengah dan lurus. Diperhatikan apakah ada deviasi, krista, spina, perforasi, hematoma, abses dan lain-lain.
ü Konka. Diperhatikan apakah konka besarnya normal (eutrofi, hipertrofi, hipotrofi atau atrofi).
ü Sekret. Bila ditemukan sekret pada rongga hidung, harus diperhatikan banyaknya, sifatnya (serous, mukoid, mukopurulen, purulen atau bercampur darah) dan lokalisasinya (meatus inferior medius, atau superior). Lokasi sekret ini penting artinya, sehubungan dengan letak ostium sinus-sinus paranasal dan dengan demikian dapat menunjukkan dari mana sekret tersebut berasal. Krusta yang banyak ditemukan pada rhinitis atrofi.
ü Massa. Massa yang sering ditemukan di dalam rongga hidung adalah polip dan tumor. Pada anak dapat ditemukan benda asing.

Rhinoskopi posterior adalah pemeriksaan ronnga hidung dari belakang, dengan menggunakan kaca nasofaring. Dengan mengubah-ubah posisi kaca, kita dapat melihat koana, ujung posterior septum, ujung posterior konka, sekret yang mengalir dari hidung ke nasofaring (post nasal drip), torus tubarius, dan ostium tuba.
Akhir-akhir ini dikembangkan cara pemeriksaan dengan endoskop, disebut nasoendoskopi. Dengan cara ini bagian-bagian rongga hidung yang tersembunyi yang sulit dilihat dengan rinoskopi anterior, maupun rinoskopi posterior akan tampak lebih jelas.



2 komentar:

  1. Aduh itu puisinya... bikin galau aja mbak... hehehe

    BalasHapus
  2. Eh itu foto yang dipajang foto apaan ya mbak?
    #gagalfokus

    BalasHapus

do not leave before say anything, please

follow me and i follow you, but don't forget to leave some coments at my post..