Jumat, 19 April 2013

Apa saja yang dapat dilihat dengan Echocardiography (ECG) ?



gambar dari sini
Echocardiography merupakan alat untuk pencitraan jantung. Secara umum, ada 2 jenis Echocardiography yaitu Echocardiography Dua Dimensi dan Echocardiography Doppler.

v  Echocardiography Dua Dimensi
Prinsip kerjanya adalah pemantulan gelombang ultrasound dari struktur jantung sehingga menghasilkan citra atau gambaran jantung. Kegunaannya adalah untuk menilai ruang-ruang Jantung ( Ukuran ruang, Ventrikel Kiri, Hipertrofi, Abnormalitas gerakan dinding jantung setempat), Katup ( Morfologi dan Gerakan), Pericardium ( Apakah terdapat efusi atau tamponade ), Massa, dan Pembuluh darah besar.
v  Echocardiography Doppler
Prinsip kerjanya adalah pemantulan gelombang ultrasound dari sel darah merah yang bergerak untuk mengukur kecepatan aliran darah melalui pembuluh darah, dalam kamar-kamar jantung, dan melalui pembuluh darah besar. Kegunaannya dalah untuk menilai stenosis katup ( Gradien, Area katup), regurgitasi katup, tekanan intrakardiak, aliran volumetrik, pengisian diastolik, dan shunts intrakardiak. 

Selain itu terdapat Transesophageal Echocardiography (TEE) yang memberikan citra resolusi tinggi untuk struktur posterior jantung, khususnya atrium kiri, katup mitral, dan aorta. TEE digunakan untuk mendapatkan citra transthorakal yang lebih baik, menilai penyakit aorta, endokarditis infeksi, sumber emboli, katup aorta, dan penilaian jantung selama operasi.

5 komentar:

  1. Jadi inget dg Ibuku yang barusan kemarin periksa jantung mbak... Untung saja jantung ibu masih sehat, walau sedikit ada penyempitan.

    BalasHapus
  2. Mbak Seiri udah jadi residen kardio ya? :D

    BalasHapus
  3. wah tks infonya ya...jadi lebih ngerti nih.

    BalasHapus
  4. Bahasanya saya kuramg faham tuh ..
    Maklum saya baru tahu sekarang :D

    BalasHapus
  5. aq kira usg, ternyata untuk jantung ya :D

    BalasHapus

do not leave before say anything, please

follow me and i follow you, but don't forget to leave some coments at my post..